KONSEP SOFT SKILL GURU PAI TELAAH KITAB ‘IẒAT AL-NASYI’ĪN KARYA SYEKH MUSTHAFA AL GHALAYANI DI MTS MA’ARIF KECAMATAN KRATON KABUPATEN PASURUAN

Nadif, achmad (2022) KONSEP SOFT SKILL GURU PAI TELAAH KITAB ‘IẒAT AL-NASYI’ĪN KARYA SYEKH MUSTHAFA AL GHALAYANI DI MTS MA’ARIF KECAMATAN KRATON KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS PAK NADIF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Guru pendidikan agama Islam merupakan figure seorang pemimpin dimana pada setiap perkataan atau perbuatanya akan menjadi panutan bagi peserta didik. Berangkat dari hal tersebut, peneliti ingin menganalisis dalam kitab ‘Idhatun Nasyi’in karya Syekh Musthafa Al-Ghalayani, kerena dalam kitab tersebut peneliti menemukan beberapa poin merupakan soft skill yang harus dimiliki oleh seorang guru.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini alah penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari kitab ‘Iẓat Al-Nasyi’īn, dan data sekunder diperoleh dari buku terjemah ‘Iẓat Al-Nasyi’īn, narasumber dari MTS Ma’arif Kraton serta artikel, journal maupun website, buku pendidikan dan buku lainya yang relevan dengan objek yang dibahas oleh peneliti. Analisis data ialah dengan menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab ‘Iẓat Al-Nasyi’īn terdapat tiga belas poin soft skill yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, terlebih bagi seorang pendidik agama Islam. Diantara poin tersebut ialah intrapersonal skill yang meliputi sabar, ikhlas, berani maju ke depan, memiliki keberanian, memiliki harapan, memiliki kemauan, mekasanakan kewjiban, berusaha dan tawakal, serta percaya diri. Dan interpersonal skill meliputi: nasionalisme, memiliki kemampuan memimpin, dapat dipercaya dan tolong menolong. Konsep soft skill guru pendidikan Islam yang termuat dalam kitab ‘Iẓat Al-Nasyi’īn juga cukup relevan dalam pendidikan di era 5.0 saat ini dan sesuai ketika diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di MTS Ma’arif Kraton.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Guru pendidikan Agama Islam, Syekh Musthafa Al-Ghalayani, Kitab ‘Iẓat Al-Nasyi’īn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:55
Last Modified: 20 Nov 2023 07:55
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item