HUBUNGAN PENILAIAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK TERPUJI DI MI MIFTAHUL ULUM KELAS IV

Nur, Kholis (2020) HUBUNGAN PENILAIAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP AKHLAK TERPUJI DI MI MIFTAHUL ULUM KELAS IV. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Skripsi Ful Text)
Pak Nur Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran aqidah akhlak memiliki kontribusi yang cukup dalam memupuk dan menumbuhkan motivasi terhadap siswa untuk mempraktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (Tauhid) dan akhlak terpuji dalam bermasyarakat dan kehidupan sehari hari. Oleh karna itu mata pelajaran aqidah akhlak sangatlah penting untuk dipelajarai dan ukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan mata pelajaran aqidah akhlak bukan pada pemahaman materi saja, melainkan juga penerapan materi yang telah disampaikan. Namun panya kenyataannya sekarang banyak sekali siswa yang mendapatkan hasil belajar yang baik namun tidak sesuai dengan akhlak yang mereka cerminkan dikehupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian yakni: apakah terdapat korelasi yang signifikan antara hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak terhadap akhlak terpuji di MI Miftahul Ulum kelas IV, dan untuk mengetahui seberapa jauh hubungan antara hasil belajara dengan akhlak terpuji siswa.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan jenis peneitian yang diterapkan berupa penelitian korelasi (korelasional). Populasi penelitian yakniseluruh siswa MI Miftahul Ulum sebanyak 118 siswa dengan sampel yang diambil yakni kelas IV dengan jumlah 22 siswa. Dengan pengambilan data yang digunakan yakni observasi, tes dan dokumentasi serta angket dengan skala sikap.
Berdasarkan analisis data dan perhitungan yang telah dilakuka, maka diperoleh adanya korelasi positif antara pretasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan akhlak terpuji siswa di MI Miftahul Ulum kelas IV dengan perolehan hasil analisis = 0,582 dengan kategori tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwasanya terdapat hubungan antara penilaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhak dengan akhlak terpuji siswa di MI Miftahul Ulum kelas IV Ds. Cepokolimo, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Hasil Belajar, Akhlak Terpuji
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 21 Aug 2020 03:49
Last Modified: 21 Aug 2020 03:49
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item