HAIRUNNISA, HAIRUNNISA (2020) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus di Yayasan Surban MTs. Pacet). Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM.
Text (cover dan abstrak)
1. FILE TESIS COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I FILE TESIS.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text (BAB V)
3. BAB V FILE PDF TESIS.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA WORD.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
5. TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Ekstrakurikuler merupakan salah satu salah satu kegiatan diluar jam pelajaran yang memberikan pelatihan serta bimbingan dalam membentuk karakter peserta didik pada Pembelajaran PAI,berkaitan erat dengan disiplin dan religius.Namun, pada kenyataannya dilapangan masih terdapat peserta didik yang tidak disiplin waktu diantaranya terlambat dan bolos sekolah dan juga berprilaku dan bersikap kurang sopan terhadap guru dan terhadap sesama. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti di Yayasan Surban Mts Pacet, dengan memfokuskan penelitian sebagai berikut 1) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler membentuk karakter disiplin peserta didik pada Pembelajaran PAI,2) Bagaimana kegiatan ekstrakurikuler membentuk karakter religius peserta didik pada Pembelajaran PAI, 3) Hambatan dan solusi implementasi ekstrakurikuler dalam membentuk karakter disiplin dan religius peserta didik pada Pembelajaran PAI.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi, penyajian dan verifikasi data, uji keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferability,dependanbility dan konfirmability.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan serta pelaksanaan ekstrakurikuler yang ada di Yayasan Mts Pacet telah berjalan dengan baik, kegiatan ekstrakurikuler lebih menunjukkan sikap disiplin waktu dan juga kelengkapan atribut, metode yang diterapkan dalam membentuk karakter disiplin dan religius peserta didikpada Pembelajaran PAI antara lain a)Memberikan Pelatihan pembiasaan b)Keteladanan c) Motivasi d)sikap tidak pandang bulu. 2)Kegiatan ekstrakurikuler telah membentuk sikap religius peserta didik pada Pembelajaran PAI dimana didalam setiap pelatihan ekstrakurikuler dibiasakan sholat berjamaah serta tadarus Al-quran dan menghapal, hal ini berdampak bagi sikap dan prilaku siswa lebih mampu tepat waktu dalam sholat berjamaah dan tadarus Al-quran..3)Hambatan serta kendala diantaranya menurunnya minat peserta didik pada Pembelajaran PAI untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler maka solusi yang dapat diterapkan ialah memberikan pelatihan, atribut lengkap kepada guru-guru Pembina ekstrakurikuler dan juga guru PAI serta memberikan sosialisasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler kepada peserta didik secara berkala.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Karakter Disiplin dan Religius, pembelajaran PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 21 Aug 2020 03:10 |
Last Modified: | 21 Aug 2020 03:10 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
View Item |