Fifit, Humairah (2023) INOVASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU SDN PARSANGAN IV KECAMATAN KOTA SUMENEP. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (321kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (25kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (164kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FIKS FIFIT CD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis ini adalah hasil penelitian lapangan (Field Research) untuk menjawab pertanyaan pertama: Bagaimana inovasi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah SDN Parsanga IV terhadap profesionalisme guru ?. dan kedua: Bagaimana Hasil inovasi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah SDN Parsanga IV terhadap profesionalisme guru?.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif (penelitian lapangan) yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan penelitian ditempat terjadinya gejala yang diteliti. Dalam hal ini, penulis mengumpulkan data mengenai persoalan yang berkaitan dengan Inovasi Supervisi Akademik pada Profesionalisme Guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan atau status fenomena.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa Inovasi Supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDN Parsanga IV Sumenep, yaitu dengan cara melakukan tindak lanjut berupa monitoring dengan menggunakan CCTV dan tindak lanjut yang dilakukan dengan CCTV dibarengi dengan adanya umpan balik dan refleksi dapat meningkatkan profesionalisme guru dengan baik.Inovasi supervisi akademik ini, dilakukan karena adanya kendala dan dengan diterapkannya inovasi ini kendala dapat diatasi dengan baik.
Diantara keberhasilan dari inovasi supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah SDN Parsanga IV adalah Inovasi ini dapat menjadi pendorong utama perubahan gaya pengajaran yang dilakukan guru. Mempunyai dampak yang bagus tehadap hubungan antara guru dan kepala sekolah, sehingga peningkatan profesionalisme guru dapat berjalan sesuai harapan.
Penerimaan inovasi oleh guru karena pada pelaksanaan inovasi supervisi akademik ini, guru merasa didengar, dihargai, dan terlibat dalam pengembangan inovasi supervisi akademik, mereka cenderung lebih terbuka terhadap perubahan dan dengan senang hati menerima umpan balik dan refleksi bersama guna meningkatkan profesionalisme mereka dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Profesionalisme |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 09:30 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 09:30 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2452 |
Actions (login required)
View Item |