MODEL KURIKULUM BERBASIS HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMPIT Permata Mojokerto)

Riesma, Sri Wulandari (2023) MODEL KURIKULUM BERBASIS HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMPIT Permata Mojokerto). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fullteks.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Permata Mojokerto, yang memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi secara utuh. Untuk menggambarkan model kurikulum berbasis humanistik dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Permata Mojokerto maka peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep pengkombinasian antara kurikulum nasional dan kurikulum JSIT di SMPIT Permata Mojokerto? 2) Bagaimana model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Permata Mojokerto? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat model kurikulum berbasis humanistic dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Permata Mojokerto.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan teknik uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.

Dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Konsep pengkombinasian antara kurikulum nasional dan kurikulum JSIT digunakan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan kurikulum nasional, mencapai tujuan pendidikan yang komprehensif. 2) Model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran, fokus pada pengembangan potensi holistik, dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. 3) Faktor penghambat Model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam ialah kondisi emosional guru dan peserta didik serta Perbedaan Eksperiens Peserta Didik Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua. Sedangkan untuk faktor pendukung meliputi fasilitas dan lingkungan sekolah yang mendukung, kurikulum SMPIT Permata yang mendukung model kurikulum berbasis humanistik serta
kompetensi para guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Fina Surya Anggraini, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kurikulum berbasis humanistic, Pembelajara Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 13 Oct 2023 11:44
Last Modified: 13 Oct 2023 11:44
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item