Lina, Herlina (2022) EFEKTIVITAS TPR-BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB KELOMPOK B DI RA PERWANIDA BENDUNGANJATI PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version Download (574kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version Download (555kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB Akhir (penutup).pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kosakata yang baik dan banyak merupakan pondasi yang bagus untuk anak usia dini. selain bahasa Indonesia tentunya pada anak usia dini perlu dikenalkan pada kosakata bahasa asing gunanya untuk mempersiapkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Bahasa asing dapat digunakan sebagai bahasa pengantar pada satuan pendidikan tertentu untuk mendukung kemampuan berbahasa asing peserta didik. Salah satunya ialah bahasa arab. Pada anak usia dini tentunya tidak memaksakan hanya memberikan pengenalan kosakata bahasa arab. Disini peneliti mengenalkan kosakata bahasa arab dimulai dari tema diri sendiri, tema tumbuhan, tema binatang, dan tema-tema yang lainnya, disesuaikan dengan rencana kegiatan harian sekolah. Untuk mengenalkan kosakata bahasa arab tentunya membutukan metode yang menarik minat anak. Berangkat dari hal tersebut peneliti menerapkan metode TPR-Bernyanyi. TPR-Bernyanyi merupakan suatu metode pembelajaran bahasa asing yang tepat untuk anak usia dini, karena didalamnya terdapat unsur nyanyian dan gerakanyang menarik bila diterapkan untuk anak usia dini.
Pada penelitian ini, peneliti merumuskan masalah tentang efektifitas metode TPR-Bernyanyi di RA Perwanida dan bertujuan untuk seberapa efektivitasnya metode TPR-Bernyanyi yang peneliti berikan untuk meningkatkan kosakata bahasa arab anak di RA Perwanida. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen, yang mana menggunakan data pretest dan posttest.
Dari hasil penelitian yang mengunakan data pretest dan posttest, yaitu pada uji pretest didapatkan nilai minimum 19, dan nilai maksimum 29. Dan pada uji posttest didapatkan nilai minimum 45, dan nilai maksimum 53. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kosakata bahasa arab anak dapat berkembang secara efektif setelah diberi perlakuan menggunakan metode TPR-Bernyanyi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode TPR-Bernyanyi, Kosakata Bahasa Arab Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S1 PIAUD IKHAC |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:16 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:16 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2311 |
Actions (login required)
View Item |