Amir, Syarifuddin (2022) MANAJEMEN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN DI SDI NURUL BAYAN FULL DAY SCHOOL SUMENEP. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (262kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (103kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Faktor utama yang berpengaruh bagi terwujudnya tujuan pendidikan salah satunya adalah guru. Guru hendaknya senantiasa meningkatkan kemampuan profesionalnya. Kualitas profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya, dapat diamati dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru diantaranya kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi. Bentuk aktivitas yang harus dilakukan dalam pendampingan kegiatan pembelajaran adalah kegiatan supervisi yang tersistem dalam manajemen supervisi pendidikan. Kegiatan pembelajaran adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian proses yang terjadi pendidik dan peserta didik dengan pola hubungan interaktif pada kondisi edukatif dengan harapan dapat mencapai suatu tujuan. Sehingga dalam upaya mencapai tujuan tersebut dirumuskan pada fokus penelitian yaitu; Bagaimana penerapan manajemen supervisi pendidikan dan peningkatan pembelajaran setelah dilakukan supervisi pendidikan di SDI Nurul Bayan Full Day School Sumenep?.
Pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan dengan tahap perencanaan, observasi kelas, dan umpan balik dapat dilakukan pengulangan siklus tahapan apabila ditemukan ketidaktercapaian tujuan dari kegiatan supervisi. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan single-case design pengamatan terhadap hasil pelaksana supervisi digunakan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya peranan supervisi pendidikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui wawancara dengan kepala SDI Nurul Bayan full day dan pengamatan hasil penilaian supervisi diperoleh hasil; a) Supervisi pendidikan oleh kepala sekolah memiliki dampak pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan b) Supervisi pendidikan yang dilaksanakan lebih dari satu kali dalam satu semester lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran karena tidak hanya sekedar evaluasi melainkan ada tindak lanjut. Dari isntrumen penilaian yang dimiliki sekolah juga menunjukkan adanya kenaikan nilai rata-rata pada supervisi pertama 78 dan supervisi kedua 86.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Supervisi Pendidikan, dan Pembelajaran. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 07:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 07:25 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2239 |
Actions (login required)
View Item |