STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS RADEN FATAH DRIYOREJO GRESIK

M Ali, Imron (2021) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS RADEN FATAH DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Bab I)
BAB i1.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (Tesis Full)
tesis lengkap M.ALI IMRON.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Kompetensi Guru, Mutu Pendidikan.
Guru merupakan kunci keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Baik buruknya perilaku atau tata cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi citra lembaga pendidikan di MTs. Raden Fatah
Fokus penelitian ini yaitu pada: 1) Strategi kepemimpinan Kepala Madrasah, 2) kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi, 3) model pengembangan kompetensi guru dalam mendukung mutu pendidikan yang disarankan ke depan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikut sertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala Madrasah, waka kurikulum dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi kepemimpinan kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan & latihan, yang kedua strategi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya. (2) Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi guru yaitu kurang atau keterbatasan penguasaan IT di Madrasah dan keterbatasan waktu, kurang kreatifitas guru dalam proses pembelajaran di kelas dan kurang banyaknya fasilitas Madrasah, serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru- guru. (3) model yang dapat digunakan untuk meningkatkan guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program inservice training

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Madrasah, Kompetensi Guru, Mutu Pendidikan.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:39
Last Modified: 30 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item