IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Siswa Kelas X di SMAS Syaichona Cholil Samarinda

Andrean, Purnomo (2020) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Siswa Kelas X di SMAS Syaichona Cholil Samarinda. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
Bab V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi asli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penerapan Model Contextual Teaching and Learning di SMAS Syaichona Cholil Samarinda merupakan model pembelajaran yang mengutamakan siswa yang berperan aktif, dengan cara mencari permasalahan sendiri dan memecahkannya sendiri, di SMAS Syaichona Cholil guru telah menerapkan model Contextual Teaching and Learning
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui tentang model CTL di SMAS Syaichona Cholil Samarinda 2) Untuk mengetahui tentang implementasi model contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas X di SMAS Syaichona Cholil Samarinda.
Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data dan reduksi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan Trigulasi dan ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Model Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMAS Syaichona Cholil Samarinda, a) Model Contextual Teaching and Learning merupakan model pembelajaran yang mengutamakan siswa untuk lebih berperan aktif dan tujuan dari model ini ialah agar siswa lebih memahami materi yang mereka pelajari, dan b) Model CTL ini sangat mudah untuk dilaksanakan, dikarenakan siswa telah mendapatkan bekal dari sekolah madrasahnya, yang dimana para ustadz dan ustadzah sering menggunakan model CTL salah satunya dalam pembacaan kitab kuning.
2) Implementasi Model Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas X di SMAS Syaichona Cholil Samarinda, a) Penggunaan model CTL ini sangat berpengaruh bagi siswa terutama siswa kelas X SMA Syaichona Cholil, terutama pada pemahaman dan prestasi belajar mereka, b) Penerapan model CTL di SMAS Syaichona Cholil Samarinda memiliki pengaruh di SMAS Syacihona Cholil Samarinda yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, karena siswa sudah sering dan terbiasa menerima materi yang disampaikan menggunakan model CTL, dan c) Penerapan model CTL memiliki keunggulan dan kelemahan. Jadi, penerapan model CTL tidak akan selalu diterima oleh siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model CTL, Prestasi Belajar, PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 19 Aug 2020 06:04
Last Modified: 19 Aug 2020 06:04
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item