ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA KEGIATAN HOME INDUSTRY (STUDI KASUS HOME INDUSTRY B & B PAPER BAG DI DESA JIYU)

Umi, Shobiroh (2022) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA KEGIATAN HOME INDUSTRY (STUDI KASUS HOME INDUSTRY B & B PAPER BAG DI DESA JIYU). Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (895kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Umi Shobiroh - Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Home industry merupakan sebuah usaha kecil yang tergolong berproduksi secara unik, yang terkait dengan kearifan lokal, sumber daya setempat dan mengedepankan buatan tangan. Adapun aktivitas yang dilakukan dalam home industry, yakni konsumsi, produksi dan distribusi, dimana semua kegiatan tersebut dipusatkan dirumah. Penelitian ini didasari pada banyaknya jumlah usaha kecil yang tersebar di Indonesia membuat para pelaku bisnis bersaing untuk melakukan segala cara agar bisnisnya tetap berjalan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan etika bisnis Islam pada kegiatan home industry.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, lokasi penelitian ini di home industry B & B paper bag Desa Jiyu Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber data.
Hasil yang didapat dari penelitian di lapangan menunjukkan bahwa dalam menjalankan kegiatan bisnisnya owner serta karyawan home industry B & B paper bag telah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yakni, pada prinsip tauhid menjalankan ibadah seperti mengerjakan sholat, prinsip tawazun menyeimbangkan kepentingan antara menjalankan berbisnis dan beribadah, prinsip hurriyyah al-iradah owner memberikan kebebasan bagi distributor dalam menetapkan harga jualnya, prinsip mas’uliyyah owner bertanggungjawab atas bisnis yang dijalankan, serta pada prinsip ihsan owner bersikap jujur terhadap konsumen dalam memberikan informasi produknya dan bersikap baik terhadap karyawannya. Meskipun teori mengenai etika bisnis Islam belum sepenuhnya diketahui dan dipahami oleh owner, namun tanpa disadari dalam menjalankan bisnisnya ia telah menerapkan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Prinsip Etika Bisnis Islam, Home Industry
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S1 ES IKHAC
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:35
Last Modified: 30 Aug 2023 07:35
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2205

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item