MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK SIKAP MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM PACET MOJOKERTO

Anisa, Nur Aziza (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK SIKAP MULTIKULTURAL PADA MAHASISWA INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (694kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia terdapat beragam suku, ras, budaya dan agama. Sebab itu indonesia sering disebut sebagai negara multikultural. Bebagai budaya sering menyebabkan perpecahan antara individu. Dalam hal ini, pendidikan memegang peranan penting, khususnya pendidikan agama islam, yang berkontribusi dalam penanaman dan pemahaman multikultural.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, 2) Menganalisis implikasi model pembelajaran Pendidikan Agama islam untuk membentuk sikap multikultural, 3) Menganalisis Faktor penghambat dan Faktor Pendukung Model Pembelajaran PAI Untuk Membentuk Sikap multikultural pada Mahasiswa IKHAC. Jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelituan menunjukkan bahwa Pendidikan agama Islam diajarkan dengan 1) Model pembelajaran Multidisipliner (Pendidikan Agama Islam dan Sains, Politik, Ekonomi, Aswaja dan PAI Multikultural), 2) Model pembelajaran Eksperimen (Makalah), 3) Model Pembelajaran Konvesional (Ceramah), 4) Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching) dari materi perkuliahan dikaitkan dan dianalisis dalam kondisi nyata dalam kehidupanmereka sebagai anggota keluarga, masyarakat dan negara. Nilai-nilai multikultural telah diimplementasikan secara efektif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Terbukti telah terjalin sikap saling 1) Menghormati, 2) Menghargai, 3) Toleransi, 4) Kerukunan dan perilaku lainnya antar mahasiswa, dosen bahkan masyarakat. Adapun Faktor Pendukung dan Penghambat Model Pembelajaran PAI untuk Membentuk sikap Multikultural adalah kurikulum pendidikan yang terpadu dan pelajaran yang bermuatan konten multikultural sedangkan faktor eksternal adalah lingkungan yang kondusif dan agamis baik di dalam Institut maupun di lingkungan luar Institut, Sementara yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Penerapan Model pembelejaran PAI Untuk membentuk sikap multikultural pada mahasiswa IKHAC adalah tingkat kemampuan dan kematangan emosional mahasiswa yang tidak sama, dan keterbatasan waktu dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Sikap Multikultural
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:40
Last Modified: 14 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item