PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO MOJOKERTO

Ramadhan, M Rizki (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM CEPOKOLIMO MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover & Abstrak)
file 1.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
file 2.pdf - Published Version

Download (751kB)
[img] Text (Penutup & Kesimpulan)
file 3.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
file 4.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Skripsi FUll Text)
file 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

Kokami memiliki arti kotak kartu misterius begitu sebutannya yang merupakan media pembelajaran dengan susunan bahan bakunya memakai kardus dan di bentuk semenarik mungkin dengan tujuan untuk kemudahan dalam pembelajaran subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Selain itu kokami dirancang agar memberi kemudahan bagi guru ketika menjelaskan materi dan mengusir kebosanan siswa. Terdapat manual media pembelajaran Kokami serta konsep permaina kelompok yang aktif.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar sisea kelas IV MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Mentode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment yaitu dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengambilan sample yang digunakan purposive sampling.
Pembelajaran dengan media kokami dilakukan secara berkelompok materi yang akan dipelajari dikemas kedalam kartu misterius berupa pertanyaan yang akan dijawab setiap kelompok setiap kelompok diminta berdiskusi dalam mencari jawaban dari pertanyaan yang mereka dapat dan diperbolehkan mencari jawaban dari buku pelejaran yang mereka miliki.
Media kokami bisa membantu bagi pendidik atau guru ketika menyampaikan suatu materi di kelas. Kemudahan akan didapatkan oleh guru saat menggunakan media pembelajaran ketika menyampaikan materi pembelajaran dan siswa juga bisa menerima pelajaran dengan menyenangkan, baik sehingga termotivasi siswa dalam belajar.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Kokami terhadap hasil belajar siswa pada subtema keragaman suku bangsa dan agaman di negeriuku kelas IV MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttes 89 dari nilai rata-rata sebelumnya 45. Dari penilaian tersebut menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media kokami terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Kokami, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 18 Aug 2020 08:40
Last Modified: 18 Aug 2020 08:40
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item