Bukhari, Muslim (2020) Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Religius dan Tanggungjawab Terhadap Siswa Di Madrasah Aliyah Bustanul Faizin Besuki Situbondo. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan abstrak)
PDF 1 COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (397kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
PDF 2 BAB 1 PANDAHULUAN.pdf - Published Version Download (460kB) |
|
Text (Bab Akhir ( penutup/kesimpulan))
PDF 3 BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
PDF 4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (262kB) |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah utuh)
PDF 5 TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Implementasi adalah suatu ungkapan yang berorientasi pada adanya tindakan, sikap perilaku, aksi yang disertai perencanaan sistematis untuk mencapai tujuan. Sedangkan karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang mencerminkan kepatuhan kepada Tuhan dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain yang didalamnya terdapat nilai karakter tanggungjawab manusia secara vertikal dan horisontal. Sehingga strategi dan metode di butuhkan untuk mengimplementasikan nilai karakter religius dan tanggungjawab
Penelitian ini berfokus pada 1) bagaimana bentuk implementasi nilai pendidikan karakter religius dan tanggungjawab terhadap siswa di Madrasah Aliyah Bustanul Faizin Besuki Situbondo, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi dan 3) apa yang dihasilkan dari implementasi nilai pendidikan karakter religius dan tanggungjawab. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bentuk implementasi nilai karakter religius dan tanggungjawab terhadap siswa, mengidentifkasi beberapa faktor yang mempengaruhi penerapannya dan mengetahui sejauh mana hasil yang diperoleh dari upaya pihak Madrasah Aliyah Bustanul Faizin Besuki Situbondo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya seluruh data tersebut di analisisa oleh penulis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data.
Dari penelitian yang telah dilakukan di paparkan bahwa implementasi nilai pendidikan karakter religius dan tanggungjawab terhadap siswa diwujudkan dengan Kegiatan rutin yang terdiri dari kegiatan harian, mingguan, dan bulanan dapat dijadikan sebagai pijakan bagi siswa untuh mengembangkan nilai karakter religius dan tanggungjawab yang meliputi, 1) Nilai ibadah, keTuhan-an (hablumminallah), seperti Shalat dhuhur dan dluha berjama’ah, berdo’a sebelum dan setelah kegiatan pembelajaran, (2) Nilai ibadah kemanusiaan (hablum minannas), yang berhubungan dengan diri sendiri dan orang lain seperti, saling tolong-menolong, disiplin melaksanakan tugas sekolah, peduli kepada yang lemah, menyayangi yang lebih muda, menghormati guru dan orang yang lebih tua. Metode yang digunakan dalam implemntasi nilai pendidikan karakter religius dan tanggungjawab adalah metode pemahaman, pembiasaan, keteladanan, pengawasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Primary supervisor : Pembimbing 1 : Dr. H. Barnoto, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci :Implementasi, Karakter Religius dan Tanggungjawab |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 03:48 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 03:48 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |