فعالية نموذج التدريس بنظرية كولب التعليمية لترقية مهارة الكلام لدى طلبة الفصل العاشر بالمدرسة العالية على المستوى الدولي أمانة الأم ة

Muhammad, Rifki (2021) فعالية نموذج التدريس بنظرية كولب التعليمية لترقية مهارة الكلام لدى طلبة الفصل العاشر بالمدرسة العالية على المستوى الدولي أمانة الأم ة. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rifki, Muhammad. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Skripsi. Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim. Pembimbing: Muhammad Hafidz, S.S., M.Pd.I.
Kata Kunci: Model Experiential Learning, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab.
Pembelajaran bahasa Arab terutama pada keterampilan berbicara sangat membutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang bisa disuguhkan yaitu model experiential learning. Berdasarkan observasi peneliti di MBI Amanatul Ummah, model tersebut belum pernah diterapkan pada pelajaran kalam, bahkan belum ditemukan pada penelitian pembelajaran bahasa Arab terdahulu. Padahal, model tersebut telah terbukti efektif pada penelitian selain pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran experiential learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X di MBI Amanatul Ummah; (2) Apakah model pembelajaran experiential learning efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X di MBI Amanatul Ummah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen (kuasi eksperimen). Pada penelitian ini, terdapat dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan tes (pre-test dan post-test).
Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan model experiential learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas x di MBI Amanatul Ummah yaitu dengan empat langkah konkrit yang sesuai dengan teori tersebut pada inti pembelajaran. Empat langkah tersebut yaitu: a) belajar dari pengalaman-pengalaman yang spesifik; b) mengamati sebelum membuat sesuatu; c) analisis logis dari gagasan-gagasan; d) melaksanakan hasil konsep pengamatan dan analisis. Pada pembelajaran tersebut, peneliti menggunakan metode langsung dan gramatikal tarjamah; (2) model pembelajaran experiential learning terbukti cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X di MBI Amanatul Ummah dengan nilai N-Gain 56,5% yang berarti telah masuk kategori cukup efektif.
ABTRACT
Rifki, Muhammad. 2021. The Effectiveness of The Experiential Learning Model to Improve The Speaking Skill of Students Class X at MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Thesis. Arabic Language Education Faculty of Tarbiyah Institute Pesantren KH. Abdul Chalim. Advisor: Muhammad Hafidz, S.S., M.Pd.I.
Keywords: Experiential Learning Model, Speaking Skill, Arabaic Language Learning.
Arabic Learning, especially speaking skill, really needs an appropriate learning model. One of the models that can be presented is the experiential learning model. Based on the observations of researcher at MBI Amanatul Ummah, this model has never been applied to kalam lesson, and has not even been found in previous Arabic learning research.
This research has two problem formulations, thats are: (1) how to apply the experiential learning model to improve the speaking skill of student class X MBI Amanatul Ummah; (2) is the experiential learning model effective for improving the speaking skill of student class X MBI Amanatul Ummah.
This research uses quantitative approach with type of experiment. In this research, there were two groups, the experimental group and control group. The research instrument consists of observation, interview and test (pre-test and post-test).
The result of this research are: (1) the application of experiential learning model to improve the speaking skill of students class X MBI Amanatul Ummah namely with four concrete steps are in accordance with the theory at the core of learning. The four steps are: a) concrete experience; b) reflective observation; c) abstract conceptualitation; d) active experimentation. In this research, reseacher used direct and grammatical tarjamah methods. (2) this experiential learning model proved to be quite effective in improving speaking skill of student class X at MBI Amanatul Ummah with an N-Gain

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Experiential Learning, Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:06
Last Modified: 16 Mar 2023 08:06
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item