Ahmad, Nur fuadi (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN RELIGIUS PESERTA DIDIK (STUDI KASUS PADA MIN 1 MOJOKERTO.). Masters thesis, Institut pesantren kh Abdul chalim.
Text (Cover + abstrak)
cover = abstak fuad.pdf - Published Version Download (257kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1 FUAD.pdf - Published Version Download (417kB) |
|
Text (Ban akhir)
BAB V FUAD.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA FUAD.pdf - Published Version Download (343kB) |
|
Text (Full tesis)
FULL TESIS FUAD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Nilai-nilai nasionalisme dan religius sangat penting ditanamkan sejak dini
dalam pendidikan kepada peserta didik. Madrasah sebagai salah satu lembaga
pendidikan formal, keberadaannya sangat penting dalam menciptakan generasi
bangsa yang berwawasan keislaman dan berjiwa nasionalisme serta
merepresentasikan religius yang tinggi. Hal ini karena salah satu kelebihan yang
dimiliki madrasah adalah adanya integrasi ilmu umum dan ilmu agama. Madrasah
juga merupakan bagian penting dari lembaga pendidikan nasional di Indonesia.
Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, madrasah tidak hanya dituntut
untuk menyelenggarakan pendidikan yang berciri khas keagamaan islam. Madrasah
juga dituntut untuk memainkan peran sebagai basis dan benteng tangguh yang akan
menjaga dan memperkukuh rasa nasionalisme. Hal inilah yang melatarbelakangi
penelitian ini untuk mengungkap strategi kepala madrasah dalam menanamkan
nilai-nilai nasionalisme dan religius kepada peserta didik MIN 1 Mojokerto. Fokus
penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa terkait strategi kepala
madrasah dalam menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan religius,
mendeskripsikan dan menganalisa hasil pelaksanaan strategi kepala madrasah
dalam menanamkan nilai nasionalisme dan religius.
Penelelitian ini menggunakan jenis peneltian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer atau
data yang berasal dari jawaban ketika wawancara dan data sekunder atau data lain
yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi Adapun
keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan kepala
madrasah dalam menamkan nilai-nilai nasionalisme dan religius yaitu pembiasaan,
keteladanan dan terintegrasi dengan pembelajaran dan ekstrakulikler. Hasil
penanaman nilai nasionalisme dan religius adalah terciptanya siswa-siswi yang
memiliki sikap nasionalisme dan religius yang diantaranya tercermin dalam sikap
khidmat dalam mengikuti upacara bendera, hafal lagu-lagu kebangsaan, akhlak
yang baik ketika bertemu guru, hafal beberapa juz dari Alqur’an, memenuhi standar
kompetensi ubudiyah dan akhlakul karimah (SKUA) sehingga terwujud suasana
dan iklim madrasah yang nyaman, aman, damai dan suasana belajar yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, religius, nasionalisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:59 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:59 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |