HABIBUR, ROHMAN (2020) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL ULUM KELAS V. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover&abstrac.pdf - Published Version Download (250kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (551kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (233kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (462kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
habiburrohman 20151700126012.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran aqidah akhlak memiliki konstribusi yang cukub besar dalam memberikan dan menumbuhkan motivasi siswa peserta didik untuk memperaktekkan nilai-nilai keyakinan keagamaan (Tauhid) dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam penerapan mata pelajaran aqidah akhlak masih berpusat pada guru sehingga siswa selama proses pembelajaran berlangsung menjadi pasif dan hasil belajar siswa juga rendah. Hal ini diperkuat oleh beberapa riset yang ditemukan peneliti serta hasil observasi yang didapatkan di MI Miftahul Ulum bawasanya siswa kelas V yang berjumlah 24 terdapat 10 siswa yang aktif dan nilai hasil belajarnya mencapai KKM sedangkan 14 masih belum fokus pada materi yang dimpaikan oleh guru dan hasil belajarnya di bawah KKM. Oleh karna itu dibutuhkan suatu pendekatan guna meningatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, pendekatan pembelajaran CTL menjadi suatu trobosan yang mana dalam pendekatan tersebut guru mengajak siswa untuk mengaitkan materi yang akan disampaikan dengan lingkungan dan kondisi di sekitar siswa, sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan rasa keingin tahuan terhadap materi yang akan diajarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran aqidah akhlak serta seberapa besar peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas V di MI Miftahul Ulum Cepokolimo Pacet. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan teknis analisi data yang digunakan adalah statistic deskripsi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dari siklus satu dan siklus dua, pada siklus satu hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar mencapai 58% dan keaktifan belajar siswa dalam ketuntasan klasikal mencapai 46%, sedangkan pada siklus dua hasil belajar siswa dalam ketuntasan belajar mencapai 88% dan keaktifan belajar siswa dalam ketuntasan klasikal mencapai 83%. Sehingga peneliti menyipulkan bahwa pendektan pembelajaran CTL dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Mitahul Ulum cepokolimo Pacet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, Meningkatkan Keaktifan Beajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 03:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 03:31 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/185 |
Actions (login required)
View Item |