Nurotul, Faidah (2021) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS LITERASI MI TARBIYATUL ULUM PENGAMPON MENGANTI GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (565kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (602kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (364kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) memegang peranan yang sangat penting. Substansi yang terkandung dalam mapel ini memberikan motivasi yang sangat kuat kepada siswa untuk mengenal lebih mendalam terhadap sejarah kebudayaan islam sekaligus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung didalamya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah literasi. Gerakan Literasi Sekolah dilaksanakan secara bertahap dengan mempertimbangkan kesiapan sekolah di seluruh Indonesia. Kesiapan ini mencakup kesiapan kapasitas sekolah (ketersediaan fasilitas, bahan bacaan, sarana, prasarana literasi), kesiapan warga sekolah, dan kesiapan sistem pendukung lainnya (partisipasi publik, dukungan kelembagaan, dan perangkat kebijakan yang relevan). Gerakan Literasi Sekolah tingkat Sekolah Dasar dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.
Yang menjadi fokus penelitian kali ini adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis literasi di MI Tarbiyatul Ulum Pengampon Menganti Gresik. Dan tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisia perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis literasi di MI Tarbiyatul Ulum Pengampon Menganti Gresik
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan field Research (Penelitian Lapangan). Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi /menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan kriteria Credibility, Transferability, Depeandability dan Confirmability.
Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berbasis literasi di MI Tarbiyatul Ulum Pengampon Menganti Gresik dilaksanakan dalam tiga tahapan, 1) Perencanaan yang berupa pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, 2) Pelaksanaan Pembelajaran yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan inti menggunakan metode dan media berbasis literasi yang bervariasi yaitu Ceramah, Mind Mapping, Audio Visual dan Pojok Baca, 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan mencakup tiga ranah yaitu afektif, Kognitif dan Psikomotorik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Kebudayaan Islam, Literasi |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 10:18 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 10:18 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1839 |
Actions (login required)
View Item |