IMPLEMENTASI KURIKULUM DINIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PP.DARUL IHSAN MENGANTI GRESIK

Ahmad, Taufiq (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM DINIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PP.DARUL IHSAN MENGANTI GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS Full wtermrk.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum merupakan alat untuk menjalankan roda pendidikan di sebuah lembaga, selain itu memegang peranan inti dan memiliki kedudukan sebagai kunci, media, sekaligus pedoman dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang diamanahkan oleh agama, bangsa, masyarakat dan lembaga, terlebih di masa pandemi covid-19 yang memiliki dampak pada perubahan kebijakan pemerintah dan kurikulum di lembaga-lembaga penyelenggara pendidikan, seperti halnya yang ada di PP.Darul Ihsan Menganti Gresik mengharuskan untuk menata ulang bentuk implementasi yang tepat di masa pandemi covid-19.
Fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana implementasi kurikulum diniah pada masa pandemi covid-19 di PP.Darul Ihsan Menganti Gresik Tahun Pelajaran 2021/2022 di Semester Gasal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum diniah pada masa pandemi covid-19 di PP.Darul Ihsan Menganti Gresik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus serta desain yang digunakan adalah kasus tunggal (single case designs) dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumen, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan model tradisional atau manual (hand analyze) serta teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori.
Hasil dari penelitian ini adalah : Implementasi kurikulum diniah pada masa pandemi covid-19 di PP.Darul Ihsan Menganti TP : 2021/2022 ditinjau dari 4 komponen, yaitu : 1) Tujuan, tujuan pendidikan di pesantren lebih dominan ditentukan oleh kebijakan kiyai pengasuh sekaligus representasi dari kurikulum pesantren. 2) Materi, mengacu kepada kurikulum formal kemenag dan hidden curriculum serta indikator capaian materi dari performance santri. 3) Metode, menggunakan metode kerja kelompok, sorogan dan bandongan, tanya jawab, diskusi dan pendelegasian. 4) Evaluasi, menggunakan model evaluasi formal dan model anbiuni (al Baqarah 31).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Diniah, Pandemi, Covid-19
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 04 Mar 2023 08:33
Last Modified: 04 Mar 2023 08:33
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1807

Actions (login required)

View Item View Item