Siti, Aniqoh (2021) KREATIVITAS GURU AL QUR’AN HADIST DALAM MENDESAIN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MASA PANDEMI DI MA AL HIDAYAH JENU TUBAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (720kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (401kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (251kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full wtr mrk.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abad ini perkembangan teknologi semakin mengesankan dimana disrupsi yang dibawa oleh era digital dapat menumbuhkan kreativitas-kreativitas yang ada dalam diri manusia, disaat untuk membeli makanan kita tidak perlu lagi keluar dari rumah, untuk melakukan transaksi pembayaran tidak perlu lagi pergi ke bank atau atm, melainkan cukup dengan menekan layar smart phone maka barang dan tagihan secara otomatis berada digenggaman kita, lantas dimana peran guru dalam mengawal ledakan teknologi.
Tujuan penelitian: 1) Menganalisis kreativitas guru Al Qur’an Hadits dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital dalam masa pandemic di Madrasah Aliyah Al Hidayah Jenu Tuban. 2) Menganalisis tantangan guru Al Qur’an Hadits dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital dalam masa pandemic di Madrasah Aliyah Al Hidayah Jenu Tuban.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas guru Al Qur’an Hadits dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital dalam masa pandemic di Madrasah Aliyah Al Hidayah Jenu Tuban sudah baik, hal ini ditunjukkan melalui kemampuan guru dalam menciptakan ide baru untuk mendesain model pembelajaran yang kreatif, bentuk kreativitas guru dalam memanfaatkan media digital kedalam proses pembelajaran yang cukup menarik sehingga proses pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif, menarik, dan menyenangkan. 2) Tantangan guru Al Qur’an Hadits dalam mendesain model pembelajaran berbasis literasi digital dalam masa pandemic, yaitu: (a) mengembangkan intelektualitas, (b) adaptif dalam segala perubahan, (c) up-to-date terhadap bidang pendidikan maupun teknologi, (d) konsistensi dalam menjalankan tugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Model Pembelajaran, literasi digital, media sosial |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Mar 2023 08:32 |
Last Modified: | 04 Mar 2023 08:32 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1806 |
Actions (login required)
View Item |