Sistem Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Smp Islam Al-Qodiriyah Batuputih Sumenep

Rowasis, Moh (2021) Sistem Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Smp Islam Al-Qodiriyah Batuputih Sumenep. Masters thesis, Institut Pesantren KH.Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I(1-14).pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V(80-83).pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
TESSIS FULL ROWASIS fixs.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem Manajemen Pembelajaran merupakan salah satu faktor terpenting dalam menyelenggarakan pengajaran. Dengan adanya sistem manajemen dapat mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan serta tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, sehingga meningkatkan minat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar pada siswa SMP Islam AL-Qodiriyah Larangan Batuputih.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan langkah pemaparan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif guru PAI merumuskan 1) perencanaan, meliputi: penyusunan Prota, Prosem, RPP, KKM yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru. 2). Pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan guru PAI yaitu: materi pelajaran, sumber materi, metode, alat bantu yang digunakan dan strategi yang dipilih dalam menyampaikan materi pelajaran. 3). Pelaksanaan pembelajaran PAI K13. Pembelajaran dilakukan meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 4). Pengawasan dilakukan oleh Kepala Sekolah, Wakasek, Pengawas Guru PAI Kemenag dan Dinas Pendidikan, juga diadakan rapat supervisi setiap hari sabtu, rapat supervisi bulanan, rapat awal semester dan setiap akhir semester kepala dan wakil kepala sekolah mengadakan evaluasi terhadap kinerja para guru untuk diberikan penilaian. 5). Selain evaluasi yang dilakukan guru secara mandiri melalui pre test, post test, ulangan harian, tugas mandiri maupun tugas kelompok, juga dilakukan evaluasi berkala yaitu ujian mid semester dan ujian akhir semester.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pmebelajaran, Minat Belajar
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 23 Feb 2023 10:07
Last Modified: 23 Feb 2023 10:07
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item