sudarmaji, sudarmaji (2021) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL MUTTAQIN NGEPUNG KEDAMEAN GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (489kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (143kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (38kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full Sudarmaji.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Model Accelerated Learning merupakan pendekatan yang praktis dan efektif ketika digunakan dalam memaksimalkan hasil pembelajaran anak didik. Metode ini berfokus pada hasil yang ingin dicapai bukan pada metode khusus, selagi metode yang digunakan bisa membuat hasil yang baik, maka disitulah Model Accelerated Learning. Model ini digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadist MI Darul Muttaqin Ngepung Kedamean Gresik untuk memudahkan para siswanya agar kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist menjadi meningkat.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah, 1) Bagaimana proses meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist melalui model Accelerated Learning? 2) Bagaimana implikasi peningkatan pembelajaran Al-Qur’an Hadist melalui model pembelajaran Accelerated Learning? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskripsikan bagaimana proses meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist melalui model Accelerated Learning. 2) Untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskripsikan bagaimana kualitas atau implikasi peningkatan pembelajaran Al-Qur’an Hadist melalui model pembelajaran Accelerated Learning.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan diskriptif yang induktif. Maksudnya adalah memaparkan hal hal yang bersifat khusus kemudian di jabarkan secara umum. Tekniknya yakni reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian dari model pembelajaran Accelerated Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Darul Muttaqin menunjukkan bahwa implementasi sudah berjalan sangat baik. Hal ini dibuktikan, a) Adanya proses persiapan, guru menyiapkan klasifikasi kemampuan siswa dan memberikan wakt diluar jam pelajaran. b) Adanya proses penyampian yang dilkukan dengan kondusif yakni siswa mendengarkan saat guru membacakan ayat. c) Adanya proses pelatihan yakni pemutaran video. d) Adanya proses penampilan yakni setiap anak yang memiliki kualitas bagus maka bergantian akan ditampilkan dalam video. Implikasi implikasi peningkatan pembelajaran Al-Qur’an Hadist melalui model pembelajaran Accelerated Learning yakni 4 kompetensi (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan) yang diharapkan dapat terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan pembelajaran, Model Accelerated Learning. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Mar 2023 08:18 |
Last Modified: | 04 Mar 2023 08:18 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1784 |
Actions (login required)
View Item |