Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VI Di SDN Ranuklindungan II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

Muhammad, Wahyudin (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VI Di SDN Ranuklindungan II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (334kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Muhammad Wahyudin_PAI-3_200501038.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan belajar dan mengajar sasarannya adalah hasil belajar, jika cara dan motivasi belajar baik, maka diharapkan hasil belajarnya juga baik. Hasil belajar sangat menentukan untuk mengetahui pencapai pemahaman seorang siswa terhadap suatu pembelajaran. Hasil pembelajaran akan tercapai dengan baik dan maksimal apabila model pembelajaran yang digunakan guru dapat menarik perhatian siswa, sehingga suasana kelas menjadi aktif. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SDN Ranuklindungan II adalah model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VI? 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VI? 3) Bagaimana implikasi model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VI? Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan objek penelitian guru dan siswa. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan mengenai model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sangat berpengaruh sekali. Dengan persiapan guru mulai dari perencanaan, penerapan, dan implikasi terhadap pembelajaran perlu dipersiapkan sebaik mungkin untuk penerapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Adapun hasil dari penelitian ini adalah meningkatkan interaksi anatar siswa, saling belajar mendengarkan ide atau gagasan, saling mengungkapkan pendapat antara siswa satu dengan yang lain, dan siswa bisa belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar, Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 17 Feb 2023 10:24
Last Modified: 17 Feb 2023 10:24
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1771

Actions (login required)

View Item View Item