Lim, Mualim (2021) KURIKULUM PROGRAM IMRITHI DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI LULUSAN MTS ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (168kB) |
|
Text (Bab1 Pendahuluan)
bab1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan)
bab5 Penutup.pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (83kB) |
|
Text (Tesis full text)
Tesis fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana guna menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk mempunyai kekuatan spiritualitas keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Kurikulum merupakan separangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum merupakan salah satu komponen wajib dalam sebuah lembaga pendidikan dimana kurikulum merupakan wujud real dari sebuah perencanaan pendidikan, jika kurikulum bagus maka diharapkan proses kegiatan belajar juga akan bagus.
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaiman perencanaan, pelaksanaan / implementasi, evaluasi kurikulum program imrithi di MTs Islamiyah Malo, apakah kurikulum program imrithi dapat mengembangkan kompetensi lulusan di MTs Islamiyah Malo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun sumber data berasal dari sumber data primer yaitu berupa kata-kata yang diperoleh dari hasil wawancara dan sumber data sekunder yang berasal dari dokumentasi, kurikulum, program kerja kepala madrasah. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan rincian yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan tiga teknik yaitu triangulasi, audit eksternal, dan diskusi beberapa guru dan siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum program imrithi MTs Islamiyah Malo Bojonegoro 1) Direncanakan oleh tim pengembang kurikulum melalui tahapan identifikasi masalah dan harapan calon wali murid, menentapkan tujuan, program kerja, target kompetensi lulusan 2). Diimpelentasikan melalui langkah-langkah a) sosialisasi b) rekuitmen peserta dan pengaturan rombel c) penetapan struktur kurikulum dan alokasi waktu d) penjadwalan e) pelaksanaan program dan supervise 3) Dievaluasi secara rutin tiap bulanan melalui rapat dewan guru, triwulan, semester dan akhir tahun. 4) Kurikulum program imrithi mampu mengembangkan kompetensi lulsan dengan indicator peserta didik mampu menjuarai beberapa perlombaan tingkat kabupaten dan dapat melanjutkkan keberbagai pesantren besar di Jawa Timur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Feb 2023 09:08 |
Last Modified: | 04 Feb 2023 09:08 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1728 |
Actions (login required)
View Item |