Abdiani, Luthfiana Ulya (2020) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5. SKRIPSI full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Matematika adalah salah satu pelajaran wajib yang diajarkan pada tingkat dasar hingga menengah. Namun sayangnya pelajaran ini masih dianggap sulit. Hal ini didasarkan pada penelitian pendahuluan yang dilakukan, menyebutkan bahwa pelajaran yang paling dianggap sulit adalah pelajaran matematika. Fakta ini juga didukung dari hasil skor PISA (Progamme International Student Assessment) pada 2018 dimana Indonesia menempati tempat 72 dari 79 negara. Salah satu faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang dilakukan belum memperhatikan aspek kemampuan penalaran matematis siswa. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan suatu pendekatan yang menitikberatkan pada proses berpikir aktif dan melibatkan penalaran siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu one group pretest posttest design. Populasi penelitian terdiri dari 86 anak yang duduk di kelas IV, V dan VI dan dipilih 12 anak dari kelas V sebagai sampel yang kemudian diberikan perlakuan dengan pendekatan PMRI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dokumentasi dan angket.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari skor pretest sebesar 64 meningkat pada posttest menjadi 80. Kemudian menggunakan analisis data uji paired sample t-test dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 7,881 > ttabel = 2,201 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan PMRI, Kemampuan Penalaran Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:37 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:37 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/171 |
Actions (login required)
View Item |