Mahmudah, Mahmudah (2022) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS MULTILITERASI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (546kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (386kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (178kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
Text (Tesis full text)
Tesis full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan dan penghambat dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis multiliterasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini antaralain berasal dari wakil kepala madrasah bagian kurikulum, guru akidah akhlak, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pembelajaran akidah akhlak berbasis multiliterasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang meliputi penyususunan RPP dengan menambahakan literasi dalam pembelajaran akidah akhlak. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dan Evaluasi pembelajaran yang meliputi penilaian pengetahuan,yang diambil dari penilaian tugas harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester. Penilaian keterampilan diambil dari observasi sikap, dan perilaku keseharian di kelas maupun di luar kelas. Serta Penilaian sikap yang diambil dari tes lisan, praktik, dan kemampuan peserta didik dalam memahami dan menggali makna teks yang telah dibaca, menulis dan memaparkan apa yang ditulisnya.
Adapun kendala dalam pembelajaran akidah akhlak yaitu kurangnya minat peserta didik dalam literasi, dan pemahaman yang kurang, sehingga mereka memberikan respon yang berbeda saat pembelajaran berlangsung. Namun, guru terus berusaha memberikan motivasi sebagai upaya dalam meningkatkan minat peserta didik melalui program-program literasi sebagai wadah penyaluran bakat dalam penulisan, dan memberikan apresiasi bagi guru maupun peserta didik yang berprestasi, guna menarik minat peserta didik dalam berliterasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Akidah Akhlak, dan Multiliterasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 28 Jan 2023 10:11 |
Last Modified: | 28 Jan 2023 10:11 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |