Erika, Amalia (2022) MODEL MULTILITERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan Abstrak.pdf - Published Version Download (518kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I watermark.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V Watermark.pdf - Published Version Download (226kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Watermark.pdf - Published Version Download (434kB) |
|
Text (Tesis Full)
Erika Amalia, M.Pd. TESIS word.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Implementasi model multiliterasi dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam peserta didik agar dapat menumbuhkan karakter peserta didik yang berinovasi serta memahami makna Pendidikan Agama Islam hanya sekedar teks.Implikasi model multiliterasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik membutuhkan pembelajaran secara kontekstual, hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran model multiliterasi lebih efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik dari segi penyampaian materi dan juga penanaman akhlak yang baik, karena peserta didik tidak hanya berfokus pada teori saja melainkan langsung dengan praktik dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis pelaksanaan Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto, 2) Untuk menganalisis implikasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto, yaitu 1) Perencanaan model multiliterasi dalam pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto diantaranya: Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan Pengembangan muatan model multiliterasi 2) Pelaksanaan Model multiliterasi dalam pembelajaran PAI di SDN Rejosari Kabupaten Mojokerto diantaranya: Alokasi waktu pembelajaran 3 jam dengan mensisipkan literasi, Teknik pembelajaran bervariasi, dan 3) Evaluasi model multiliterasi dalam pembelajaran PAI: Tes sikap literasi, Tes tulis dan Tes psikomotorik. Dan Implikasi Model Multiliterasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Rejosari Kabupaten Mojokerto, yaitu 1) Menambah wawasan baru, 2) Pembelajaran lebih menyenangkan, 3) Interaksi anatar siswa lebih aktif, dan 4) Terjadi peningkatan prestasi akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Multiliterasi, Pembelajaran, PAI |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:31 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 08:31 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1656 |
Actions (login required)
View Item |