Nurul, Nurul Izzah (2021) مشكالت مهارة الكتابة يف املدرسة العالية احلكومية 1 موجوكرطا للطالب ال فصل احلادي عشر بقسم اللغة بناء على منهج مقرر الشؤون الدينية 18. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (536kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (306kB) |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Download (204kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (293kB) |
|
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan Menulis merupakan keterampilan yang tertinggi dalam
bentuk pengaplikasiannya. Dimana sebelum mencapai menulis peserta didik
harus melalui 3 keterampilan diantaranya, Keterampilan Mendengar, Membaca
dan Berbicara. Belajar bahasa arab sebagaimana dengan mempelajari bahasa
lainnya dimana pasti terdapat permasalahan yang harus dihadapi dan
diselesaikan. Peserta didik kelas XI tepatnya pada jurusan bahasa memiliki
permasalahan sendiri tentang keterampilan menulis ditambah lagi dengan
penerapan Kurikulum yang baru diterapkan pada masa pandemi atau daring,
yaitu KMA 183. Dalam penelitian ini memiliki rumusan masalah: 1. Apa
problematika keterampilan menulis yang terjadi pada peserta didik kelas XI
Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183?, 2.
Bagaimana Strategi Pendidik dalam menghadapi Problematika keterampilan
menulis yang terjadi pada kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto
berdasarkan Kurikulum KMA 183?. Tujuan penelitian ini ialah: 1. Mengetahui
problematika keterampilan menulis yang terjadi pada peserta didik kelas XI
Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183, 2.
Mengetahui Strategi Pendidik dalam menghadapi Problematika keterampilan
menulis yang terjadi pada peserta didik kelas XI Jurusan Bahasa di MAN 1
Mojokerto berdasarkan Kurikulum KMA 183.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi dengan sumber data peserta didik dan
pendidik.
Berdasarkan data yang diperoleh sehingga penulis mendapatkan hasil
penelitian sebagai berikut: Problematika keterampilan menulis yang terjadi pada
kelas peserta didik XI Jurusan Bahasa di MAN 1 Mojokerto berdasarkan
Kurikulum KMA 183 yaitu peserta didik tidak memiliki buku kma 183, kurang
penguasaan kosakata, kesulitan menyusun kalimat bahasa arab, membedakan
huruf sambung dan latar belakang pendidikan. Strategi pendidik dalam
menghadapi problematika yang terjadi yaitu pemberian soft file buku, metode
drill, metode ceramah plus, metode sylent way dan perhatian khusus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, keterampilan menulis, kurikulum kma 183 |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Depositing User: | S1 PBA IKHAC |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 08:27 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 08:27 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1653 |
Actions (login required)
View Item |