Indah Retnowati, Indah Retnowati (2022) Implementasi Metode Pembelajaran Expanding Panel Dalam Mengoptimalkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Kesehatan Brawijaya Bhakti Husada Mojosari). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak, CoverRepository.pdf - Published Version Download (403kB) |
|
Text (BAB 1)
Indah_BAB 1.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
Text (BAB 5)
Indah_BAB 5.pdf - Published Version Download (42kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (43kB) |
|
Text (Tesis Full Tekt)
Tesis Indah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Metode pembelajaran expanding panel adalah metode yang baik untuk menstimulasikan diskusi dan memberi siswa kesempatan untuk mengenali, menjelaskan, dan mengklarifikasikan persoalan sembari tetap bisa berpatisipasi aktif dengan seluruh siswa. Dengan diterapkannya metode pembelajaran expanding panel, peserta didik belajar dengan menyenangkan karena bisa berdiskusi dengan teman atau kelompok lainnya. Metode pembelajaran expanding panel dapat mengoptimalkan hasil belajar pendidikan agama Islam karena memberikan kesempatan siswa untuk dapat berinteraksi satu sama lain, dalam proses pembelajaran peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan suatu masalah yang terkait tentang mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa implementasi metode pembelajaran expanding panel dalam mengoptimalkan hasil belajara pendidikan agama Islam di SMK Kesehatan Brawijaya Bhakti Husada Mojosari, yang meliputi : 1) Mendeskripsikan dan menganalisa implementasi metode pembelajaran expanding panel pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Kesehatan Brawijaya Bhakti Husada Mojosari. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis implikasi metode pembelajaran expanding panel dalam mengoptimalkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMK Kesehatan Brawijaya Bhakti Husada Mojosari.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan cara mengumpulkan data kemudian menganalisis serta membuat kesimpulan dari data lapangan yang telah didapatkan.
Adapun temuan penelitian ini adalah : 1) Implementasi metode pembelajaran expanding panel pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Kesehatan Brawijaya Bhakti Husada Mojosari, maka peneliti menyimpulkan, a) Menentukan tema yang akan memancing perhatian peserta didik, b) Memilih beberapa peserta didik berfungsi sebagai kelompok diskusi, c) Meminta sisa peserta didik untuk mengelilingi kelompok diskusi, d) Memulai dengan pertanyaan pembuka yang provokatif dan untuk pengamat mencatat hasil diskusi, e) Setelah selesai diskusi, guru membentuk kelompok-kelompok kecil untuk meneruskan diskusi dan membahas apa yang tadi diskusikan, dan 2) Implikasi metode pembelajaran expanding panel dalam mengoptimalkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SMK Kesehatan Brawijaya Bhakti Husada Mojosari. Maka peneliti menyimpulkan, a) Siswa terbiasa berdiskusi untuk memecahkan sebuah masalah atau persoalan yang terjadi, b) Pembelajaran terasa sangat menyenangkan, c) Pembelajaran dengan Expanding Panel memberikan kesempatan siswa untuk dapat berinteraksi satu sama lain, karena dalam proses pembelajaran peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan suatu masalah yang terkait tentang mata pelajaran pendidikan agama Islam, d) Nilai pembelajaran pendidikan agama Islam siswa meningkat dalam Ujian Harian, Penilaian Tengah Semester maupun dalam Penilaian Akhir Semester.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Pembelajaran Expanding Panel, Mengoptimalkan, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:19 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:19 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1639 |
Actions (login required)
View Item |