PENGARUH STRATEGI STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 DI MI DARUSSALAM PACET

Nur Laily, Qomariyah (2021) PENGARUH STRATEGI STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 DI MI DARUSSALAM PACET. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (636kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 POSTS.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB V Penutup dan Kesimpulan)
PENUTUP POST.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Nur Laily Q PGMI IKHAC.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil Belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran yang dapat diamati melalui penampilan peserta didik (learner’s performance). Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu melalui proses pembelajaran yang aktif dan kreatif tidak hanya sebatas mendengar dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan strategi Student Fasilitator and Explaining (SFE) secara daring pada tema 8 subtema 3 dan mengetahui pengaruh strategi Student Fasilitator and Explaining dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 8 subtema 3
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi expeminental jenis One Group Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MI Darussalam. Sampel penelitian ini merupakan kelas IV A yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi penilaian keterlaksanaan pembelajaran dan berupa instrumen soal Pretest-Postest.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 86,66 termasuk dalam kriteria sangat baik. Uji normalitas menunjukkan nilai sig.< 0,05 maka data berdistribusi tidak normal kemudian menggunakan uji Wilcoxon sebagai untuk mengetahui perbedaan rata-rata dua sampel yang saling berpasangan dan diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 disimpulkan diterima dan ditolak. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan strategi Student Fasilitator and Explaining (SFE) dalam pembelajaran daring pada tema 8 subtema 3 terlaksana dengan sangat baik berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI Darussalam Pacet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Student Fasilitator and Explaining (SFE), Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:45
Last Modified: 29 Dec 2022 07:45
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item