HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA MENGAJAR PARA GURU MADRASAH ALIYAH MANBAUL HIKAM TEGALMOJO KECAMATAN TEGALSIWALAN KABUPATEN PROBOLINGGO

Sukin, sukin (2020) HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KINERJA MENGAJAR PARA GURU MADRASAH ALIYAH MANBAUL HIKAM TEGALMOJO KECAMATAN TEGALSIWALAN KABUPATEN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS SUKIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

adalah merupakan model strategi penyelenggaraan pendidikan yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong Madrasah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipasi untuk memenuhi mutu pendidikan atau untuk mencapai tujuan mutu Madrasah yang sesuai dengan harapan masyarakat, pengelolaan pendidikan di Madrasah lebih professional dan luwes didorong oleh motivasi diri Madrasah itu serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat di masa depan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengilustrasikan pengaruh proses belajar mengajar yang aktif, kreatif efektif menyenangkan (PAKEM) terhadap prestasi belajar siswa (2) mengilustrasikan pengaruh peran serta masyarakat (PSM) terhadap prestasi belajar siswa (3) menggambarkan pengaruh faktor-faktor (Pilar MBS) yang mempunyai pangaruh yang sangat dominan terhadap prestasi belajas siswa.
Penelitian ini menggunakan perhitungan sebagai berikut : Uji F, pengujian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana variabel-varianble bebas yang digunakan mampu menjelaskan variabel tidak bebas, Uji T, pengujian ini untuk menguji kebenaran koefisien regresi parsial. Selanjutnya mencari besarnya koefesien determinasi parsial (r2), gunanya untuk mengetahui besarnya sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap variabel tidak bebas.
Penelitian di laksanakan di Madrasah Aliyah Manbaul Hikam Desa Tegalmojo Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 orang guru kelas X sampai dengan kelas llX, 20 orang tua siswa yang menjadi anggota paguyuban orang tua murid kelas X sampai dengan kelas llX dengan digunakan adalah kesioner. Instrumen penelitian telah dilakukan try out preliminer dan telah dinyatakan valid dan reliable.
Secara umum hasil analsis menunjukkan bahwa proses belajar mangajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dan peran serta masyarakat (PSM), secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Proses belajar mengajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dan peran serta masyarakat (PSM), serta simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Proses belajar mengajar aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) mempunyai pengaruh yang sangat dominan (Paling Besar) terhadap prestasi belajar siswa dari pada peran serta masyarakat (PSM).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, Manajemen, peran serta masyarakat (PSM)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:38
Last Modified: 29 Dec 2022 07:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item