PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV MI SETIA BHAKTI TAMIAJENG TRAWAS

Ramadanti, Amalia Eki (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV MI SETIA BHAKTI TAMIAJENG TRAWAS. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI AMILIA EKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan
pada tingkat dasar hingga menengah. Dalam proses pembelajaran matematika di
sekolah dasar sangat membutuhkan model pembelajaran yang tepat. Model
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan model
pembelajaran aktif yang memungkinkan siswa menemukan konsep yang
dipelajarinya di bawah bimbingan guru. Konsep yang ditemukan dengan cara ini
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Contextual teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan kemampuan hasil
belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah two-group pre-test post-test
design. Dan dipilih 40 siswa kelas IV sebagai sampel dari penelitian ini.. Kelas
eksperimen menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning
(CTL) dan kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional Direct
Instruction (DI). Teknik analisis yang digunakan adalah tes.
Hasil analisis data uji paired sample t-test menunjukkan output pair 1
diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan rata-rata
hasil belajar siswa untuk pre-test dan post-test kelas eksperimen, sama halnya
dengan output pair 2 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test kelas
kontrol. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil
belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: amalia eki ramadanti
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 19 Nov 2022 11:19
Last Modified: 19 Nov 2022 11:19
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1560

Actions (login required)

View Item View Item