PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV DI MIN 1 MOJOKERTO

Asmawati, Sabe (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV DI MIN 1 MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak watermak.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (bab I pendahuluan)
BAB I watermak.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (bab V Penutup)
BAB V watermak.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermak.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (skripsi full)
skripsi watermak.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw, Prestasi Belajar
Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa adalah suatu hal yang sangat penting, karena prestasi belajar siswa dapat mempengaruhi keberhasilan sesorang siswa dalam kehidupan. Model pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV di MIN 1 Mojokerto. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Group Desain Pretest Postest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol, yang tiap kelas terdiri dari 35 siswa. Pada kelas IV A menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan kelas IV B menggunakan model pembelajaran konvensional.
Analisis data berupa soal pada uji Paired Sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) pada pair 1 kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai sig. (2-tailed) dari pair 2 kelas kontrol sebesar 0,000 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan pada uji paired sample t-test maka dapat dinyatakan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw, Prestasi Belajar
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 17 Sep 2022 07:35
Last Modified: 17 Sep 2022 07:35
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1441

Actions (login required)

View Item View Item