PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (INTELLECTUAL QUOTIENT) DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO

MOHAMMAD, ARIFIN (2022) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (INTELLECTUAL QUOTIENT) DAN KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUOTIENT) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan abstrak.PDF)
1.Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan).PDF)
2. BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (BAB V (Penutup).PDF)
3. BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Daftar Pustaka.PDF)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Full Tesis.PDF)
5. Full Tesis M Arifin Water mark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya degradasi moral atau menurunnya karakter religius anak usia sekolah disebabkan karena dampak wabah Corona Virus Deases (Covid)-19yang merebak di 188 negara di dunia telah menimbulkan banyak permasalahan baru di semua bidang kehidupan khususnya pendidikan sehingga diberlakukan sistem pembelajaran Daring dan Luring. Disamping itu juga dapat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tingkat kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil kajian lapangan tentang
(1) Tingkat Kecerdasan Intelektual siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto. (2) Tingkat Kecerdasan Emosional siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto. (3) Tingkat Karakter Religius siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto. (4) Pengaruh dari Kecerdasan Intelektual terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto. (5) Pengaruh dari Kecerdasan Emosional terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan regresional. Subyek penelitian sebanyak 50 responden, dengan pengambilan sampel minimal 10% dari populasinya. Pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk data variabel (X1) yaitu: IQ (Intellectual Quotient), variabel (X2) yaitu: EQ (Emotional Quotient), dan karakter religius sebagai variabel (Y). Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 22,0. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Dalam pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat IQ siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto dalam kategori baik. (2) Tingkat EQ siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto dalam kategori cukup. (3) Karakter Religius siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto dalam kategori cukup. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari IQ terhadap Karakter Religius siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto sebesar 73,2%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari EQ terhadap Karakter Religius siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto sebesar 69,8%. Secara simultan keduanya juga memiliki pengaruh sebesar 71,5% terhadap karakter religius siswa kelas XI di MAN 1 Mojokerto dan memiliki kualitas hubungan sangat kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KECERDASAN INTELEKTUAL(INTELLECTUAL QUOTIENT), KECERDASAN EMOSIONAL(EMOTIONAL QUOTIENT) DAN KARAKTER RELIGIUS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:32
Last Modified: 16 Sep 2022 08:32
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1410

Actions (login required)

View Item View Item