ummu, kulsum (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN HASIL REKRUTMEN SISWA BARU DI MAN 1 MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (444kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (278kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (126kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rekrutmen siswa baru merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan dalam upaya untuk mendapatkan kuantitas serta kualitas siswa yang lebih baik. Untuk mencapai target tersebut setiap lembaga akan memiliki strategi masing-masing. Pemilihan strategi yang tepat dalam kegiatan rekrutmen siswa baru harus dipertimbangkan secara baik agar input yang dihasilkan dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) strategi yang digunakan dalam meningkatkan hasil rekrutmen siswa di MAN 1 Mojokerto, 2) proses rekrutmen siswa baru di MAN 1 Mojokerto, 3) evaluasi yang dilakukan kepala madrasah dalam strategi rekrutmen siswa di MAN 1 Mojokerto.
Penelitian ini di laksanakan di MAN 1 Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekakatan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala madrasah dalam kegiatan rekrutmen siswa baru ada lima strategi, yaitu: 1) Melakukan sosisalisasi dan promosi 2) Membuka program SKS 2 Tahun 3) Membuka program Unggulan Keagamaan (MA PK) 4) Melakukan tes seleksi 5) Membuka dua jalur pendaftaran. Dalam proses kegiatan rekrutmen siswa baru secara keseluruhan terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya yaitu: perencanaan meliputi pembentukan panitia dan rapat penitia peerimaan siswa baru, melakuakan sosialisasi dan promosi, pendaftaran siswa baru, melaksanakan tes seleksi siswa baru, penentuan siswa yang diterima, pengumuman hasil seleksi, dan terakhir daftar ulang bagi siswa yang telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi. Pada tahap evaluasi kegiatan rekrutmen siswa baru telah optimal dalam dalam menghasilkan siswa baru secara kuantitas dan kualitas, sehingga evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah lebih banyak pada mempertahankan prosedur strategi sebagaimana yang telah digunakan, disisi lain kepala madrasah juga berupaya untuk meningkatkan pengadaan sarana dan prasana untuk mendukung kegiatan rekrutmen ini
Kata Kunci: Strategi kepala madrasah, Rekrutmen Siswa Baru, Evaluasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 08:28 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 08:28 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1388 |
Actions (login required)
View Item |