STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASYAH IBTIDAIYAH TERPADU AL ISLAH GORONTALO

RAMLA, HULOPI (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASYAH IBTIDAIYAH TERPADU AL ISLAH GORONTALO. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER SAMA ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (557kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text (THESIS FULL)
TESIS RAMLA HULOPI fULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk mewujudkan visi, misi tujuan dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Madrasyah Ibtidaiyah Terpadu Al islah Gorontalo merupakan sekolah yang berciri khas islam yang diselenggrakan oleh kementrian agama yang memiliki ke ungglan dalam bidang pengajaran secara terpadu anatara keislaman kebangsaan dan keilmuan. serta sekolah terpadu yang dibawa anggota jaringan sekolah islam terpadu Indonesia (JSIT) yang mengimplementasikan konsep pendididikan islam berdasarkan Al Qur’an dan AS sunnah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru? 2) Apa Kendala yang terjadi dalam strategi kepala sekolah dalam meningkat kinerja guru? 3) Bagaimana Cara kepala sekolah mengatasi kendala dalam meningkatkan kinerja guru?

Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dengan pendekatan deskriftif naratif Tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, rekaman dan dokumentasi. Dengan Sumber data menggunakan tiga informan yaitu : Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah Bidang kurikulum, dan satu orang guru di sekolah tersebut. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dngan meningkatkan efektifitas belajar mengajar melalui pendidikan dan pelatihan, Pemberian kesempatan utuk peningkatan kompetensi guru dengan memahami karesteristik dengan melalui pengembangan juga merancang pembelajaran dan kemampuan guru mengajar, serta menguasai praktek mengajar dengan baik serta mengevaluasi pembelajaranya, Pemberian apresiasi terhadap guru, Melakukan supervisi di awal pembelajaran, di tengah awal pembelajaran semester dan di akhir pembelajaran semester, pemantauan kedisiplinan guru melalui evaluasi, dan Pemberian raport Guru. 2) Kendala dalam strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, yaitu kurangnya efesien waktu yang baik, artinya semua program kepala sekolah yang intra maupun extra dalam ha ini manajememen waktu yang kurang berpapasan dengan jadwal yang telah di rancang sebelumnya oleh sekolah, akan tetapi semuanya bisa teratasi denga tidakan yang sangat baik dan efektif. 3) Kepala sekolah dalam mengatasi strategi peningkatan kinerja guru yaitu dengan cara memberikan motivasi dan dorongan secara langsung untuk mengevaluasi seluruh rangkain kegiatan disekolah, baik dalam hal penyususan kurikulum, kegiatan proses belajar mengajar. Hal ini di laksanakan bukan hanya sekedar mngevaluasi dan menilai, tetapi melakukan koordinasi secara langsung agar kinerja guru semakin baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:46
Last Modified: 08 Sep 2022 07:46
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item