Sistem Pendidikan Karakter di SD Alam Islami eLKISI dalam Perspektif Kitab Ta'lim Muta'allim

Nur, Nur Qomariyah (2022) Sistem Pendidikan Karakter di SD Alam Islami eLKISI dalam Perspektif Kitab Ta'lim Muta'allim. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (705kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (581kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (SKRIPDI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha penanaman nilai-nilai positif kepada peserta didik agar menjadi manusia yang baik seutuhnya. Pendidikan karakter diharapkan dapat mengatasi krisis amoral-sosial yang sedang terjadi di Indonesia. Menyikapi hal ini SD Alam Islami eLKISI menjadikan pendidikan karakter sebagai program utama dalam membentuk kerakter peserta didiknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah sistem pendidikan karakter di SD Alam Islami eLKISI?, 2) Bagaimanakah nilai-nilai karakter yang ditetapkan di SD Alam Islami eLKISI dalam perspektif kitab Ta’lim Muta’allim?.
Jenis penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada kepala sekolah, 2 pendidik, 4 peserta didik dan 4 orangtua peserta didik. Adapun metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, mengambil kesimpulan dan melakukan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini adalah 1) sistem pendidikan karakter di SD Alam Islami eLKISI ditetapkan berdasarkan 3 hal yakni program-program sekolah yang dapat secara tidak langsung membentuk karakter postif peserta didik, aturan yang mengikat dan sanksi yang diterapkan, dan strategi pelaksanaan pendidikan karakter menggunakan pembelajaran, keteladanan, pembiasaan, adanya buku penghubung serta brifing dan evaluasi. 2) nilai nilai yang ditetapkan dalam program dan kegiatan diantaranya religius, jujur, disiplin, gemar membaca, peduli, lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab yang sesuai dengan pandangan kitab Ta’lim Muta’allim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pendidikan Karakter, Kitab Ta’lim Muta’allim
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:43
Last Modified: 15 Sep 2022 09:43
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item