PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI MI MIFTAHUL HUDA

Rani, Arnia (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG DI MI MIFTAHUL HUDA. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (253kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran utama di sekolah baik dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat menengah. Kenyataannya pelajaran matematika masih dianggap sulit. Hal ini dibuktikan dari hasil PISA (Programme International Student Assesessment) tahun 2018 yang mana Indonesia berada diposisi ke-72 dari 79 negara partisipan. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran masih monoton. Media pembelajaran monopoli merupakan media permainan dimana siswa dapat berperan aktif saat pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif one group pretest posttest design. Dengan sampel penelitian kelas V yang berjumlah 20 siswa kemudian diberikan perlakuan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari skor pretest sebesar 61,00 meningkat pada posttest menjadi 73,40. Kemudian menggunakan analisis data uji paired sample t-test diperoleh hasil sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 01 Sep 2022 09:25
Last Modified: 01 Sep 2022 09:25
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item