PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V AL-WAHAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FIRDAUS

Mohammad, Al Wakil (2022) PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V AL-WAHAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU FIRDAUS. Diploma thesis, Institut Psantren Kh Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI TEXT)
SKRIPSI FULL PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan dan perkembangan zaman juga mempengaruhi prilaku peserta didik di sekolah, sehingga perlu adanya pengelolan kelas secara optimal, pengelolaan kelas yang optimal akan mempengaruhi proses pembelajaran dikelas dan menjadi ukuran kemampuan peserta didik dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dalam skripsi ini akan membahas mengenai pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik pada kelas V Al-Wahab di Sekolah Dasar Islam terpadu firdaus. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan guru, faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik perolehan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data, sedangkan keabsahan data menggunakan uji triangulasi sumber dan triangulasi metode atau teknik.
Hasilnya, guru kelas V Al-Wahab sudah memahami prinsip-prinsip pengelolaan kelas, prinsip-prinsip tersebut meliputi: penggunaan variasi pembelajaran, pemberian penguatan, penanaman disiplin, memperhatikan kondisi fisik kelas, merancang lingkungan yang positif untuk pembelajaran, dan menjadi komunikator yang baik di dalam kelas . Sedangkan faktor pendukung pengelolaan kelas adalah kondisi fisik peserta didik, kemampuan dan sikap kognitif, motivasi belajar yang tinggi. Pengembangan bakat dan minat, kondisi fisik kelas, sarana prasarana yang memadai,dan kerangka organisasi sekolah yang jelas. Hambatan dalam pengelolaan kelas adalah perilaku peserta diidk yang mengintervensi proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nur Syafi'ah Khotim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:39
Last Modified: 31 Aug 2022 07:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item