PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS V DI MI DWIDASAWARSA, TRAWAS.

Febriana, Heni (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 3 KELAS V DI MI DWIDASAWARSA, TRAWAS. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (745kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Membaca, memahami dan menyampaikan kembali ialah kemampuan
dasar pada setiap individu dan juga merupakan faktor penting pada peerta didik.
Namun, saat ini untuk kegiatan membaca peserta didik sangat rendah. Oleh sebab
itu pentingnya peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta
didik pada kegiatan membaca yang menyenangkan. Salah satu cara guru dalam
tujuan tersebut ialah dengan menggunakan strategi atau model dalam
pembelajaran yang tepat.
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh menggunakan model
pembelajaran reading guide terhadap hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik tema 7 subtema 3 kelas V. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif two groups pre-test post-test design dengan sample
penelitian peserta didik kelas V A yang berjumlah 22 orang dan V B 21 orang di
MI Dwidasawarsa Trawas yang mana diberikan perlakuan yang berbeda kepada
kedua kelas tersebut.
Hasil analisis data dengan uji main witney diketahui besar nilai posttest
kelas eksperimen dan postest kelas kontrol dengan analisa uji main withney yaitu
diketahui nilai Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,004 dari < 0,05, sesuai syarat
pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya ada
perbedaan antara hasil belajar tematik menggunakan model pembelajaran reading
guide dengan pembelajaran konvensional. Kemudian dilakukkan uji N-Gain Score
menunjukkan bahwa adanya perbedaan presentase efektif dari kelas kontrol dan
eksperimen dengan nilai N-Gain score untuk kelas experimen model pembelajaran
reading guide sebesar 100,00% atau 100% termasuk dalam kategori efektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nur Syafiah Khotim, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Reading Guide, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:37
Last Modified: 29 Aug 2022 08:37
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item