IMA, NIYAH (2020) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI MTS MAMBAUL ULUM SUKODADI PAITON PROBOLINGGO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (268kB) |
|
Text
Bab 1 pendahuluan.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 5)
Bab Akhir.pdf - Published Version Download (116kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (TUGAS AKHIR FULL)
Tugas akhir ilmiyah utuh 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
“Peran Kepala Sekolah dalam Mendisiplinkan Siswa di Sekolah Menengah Atas Swasta Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar ”
Peran merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam suatu peristiwa atau kejadian, dalam hal ini, tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam mendisiplinkan siswa di Mts Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo . Disiplin didefenisikan kesadaran dan kesediaan seseorang dalam mentaati semua peraturan dan norma-norma yang berlaku.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa peran kepala sekolah dan bagaimana peran kepala sekolah serta faktor pendukung dan faktor penghambat peran kepala sekolah dalam mendisiplinkan siswa diMts Mambaul Ulum Sukodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa peran dan bagaimana peran serta faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam mendisiplinkan siswa di Mts Mambaul Ulum Sukodadi Paiton Probolinggo. Adapun yang menjadi subjek primer dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Sukodadi paiton Probolinggo, dan subjek sekunder penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin siswa . Populasinya kepala sekolah, guru dan siswa sebagai data pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif persentase, metode yang digunakan dalam pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian penulis lakukan di Mts Mambaul Ulum bahwa kepala sekolah perannya sebagai manajer pendidikan, pemimpin pendidikan, supervisor pendidikan dan administrator pendidikan. Kemudian peran kepala sekolah dalam mendisiplinkan siswa berperan baik dengan hasil persentase akhir dengan nilai 71,86% dalam kategori 61-80%. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam mendisiplinkan siswa adalah: latar belakang pendidikan kepala sekolah, pengalaman memimpin sekolah, Pengalaman kepala sekolah dalam memimpin sekolah, kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam membina kedisiplinan siswa, perhatian kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin sekolah, keadaan sekolah yang sangat mempengaruhi disiplin siswa, sarana transportasi menuju ke sekolah dan kesadaran siswa untuk mematuhi peraturan sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, perlu kiranya penulis memberikan saran. Pertama, kepala Mts Mambaul Ulum agar dapat mempertahankan dan meningkatkan disiplin sekolah yang tinggi, bila perlu adakan perlombaan untuk disiplin sehingga sekolah ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan sekolah-sekolah yang lain. Kedua, agar lebih memperhatikan tingkat kedisiplinan sekolah, baik kepala kepala sekolah, guru maupun siswa sendiri.
KataKunci:PeranKepalaMadrasah,Meningkatkan,DisiplinSiswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords:PeranKepalaMadrasah,Meningkatkan,DisiplinSiswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 08:41 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 08:41 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1288 |
Actions (login required)
View Item |