EFEKTIVITAS PENDEKATAN ETHNOMATHEMATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI MI PANCASILA GONDANG

Aam Siti, Nurjamilah (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ETHNOMATHEMATICS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DI MI PANCASILA GONDANG. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (446kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran matematika dianggap sulit oleh 60% peserta didik kelas VI MI Pancasila Gondang, selaras dengan pernyataan guru kelas VI bahwa peserta didik kesulitan memahami konsep matematika sehingga banyak nilai peserta didik dibawah kriteria ketuntasan minimal. Hasil PISA tahun 2018, Indonesia memperoleh nilai rata-rata matematika sebesar 379.
Tes PISA memenuhi standar kompetisi dari NCTM yang salah satunya adalah kemampuan koneksi matematis. Pendekatan Etnomatematika merupakan pendekatan yang memungkinkan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Menggunakan jenis penelitian two-group pre-test post-test design. Populasi penelitian sebanyak 143 peserta didik dan 34 peserta didik sebagai sampel. Pendekatan etnomatematika dilaksanakan di kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakan pendekatan konvensional. Tes merupakan teknik analisis yang digunakan.
Dalam analisis data diperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen adalah 58,11% (cukup efektif) dan rata-rata kemampuan koneksi matematis kelas kontrol adalah 43,29% (kurang efektif). Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan etnomatematika lebih efektif daripada pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ethnomathematics, Koneksi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 26 Aug 2022 06:48
Last Modified: 26 Aug 2022 06:48
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item