PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO

Alifvia, Indah Safitri (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GONDANG MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FILE UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh hasil
belajar pada peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan
menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here di SMP Negeri 1 Gondang.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Februari 2022.
Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah
pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dengan
desain One-Group Pre test - Posttest Design. Dilakukan dengan melaksanakan
pre test, perlakuan dan post test. Instrumen yang digunakan untuk tes yaitu soal
pilihan ganda yang telah melalui proses uji validitas. Sampel dari penelitian ini
adalah kelas VII (tujuh) SMP Negeri 1 Gondang yang berjumlah 58 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan
strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil ini dapat dibuktikan dengan
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 72.41 menjadi 76.47, dan dapat
diketahui melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji t memperoleh nilai Sig.
(2-tailed) 0,016 ≤ 0,05 dan diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 2,473>1,672yang
artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here
berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 08 Aug 2022 08:49
Last Modified: 08 Aug 2022 08:49
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item