Tiyas, Syarifatul Hilmy (2020) Hubungan Metode Demonstrasi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak DI PAUD Al-Jannah Desa Sowan Kidul Kedung Jepara Jawa Tengah. Diploma thesis, Insitut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto.
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version Download (480kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (346kB) |
|
Text (SKRIPSI TYAS FULL)
SKRIPSI TYAS FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan interpersonal yaitu suatu kemampuan mengetahui apa yang sedang dipikirkan seseorang, tingkah laku seseorang. Adanya kecerdasan interpersonal seorang anak bisa merasakan yang orang lain sedang rasakan, berempati dengan orang lain, kemampuan mengorganisir kelompok, mampu mengenali atau dapat mengetahui pemikiran orang lain. Tetapi masih terdapat anak yang masih mempunyai kecerdasan interpersonal yang relatif rendah. Didalam penelitiannya, Robinson serta Diamond menguraikan dalam penelitianya, ada beberapa guru yang melaporkan bahwa anak-anak dikelas setengahnya masih mengalami permasalahan saat pembelajaran dikelas. 46% kesulitan mengitu petunjuk, 34% mengalami kesulitan dalam bekerjasama dengan teman, dan 30% kesulitan untuk mengerjakan sesuatu secara berkelompok. Untuk dapat membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal anak maka perlu metode yang cocok. Sebagai contoh metodenya yaitu metode demonstrasi. Dengan metode tersebut cara mengajarkannya melalui memperagakan sesuatu dan menujukkan secara langsung kepada anak-anak tentang sesuatu proses.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah ialah apakah mempunyai hubungan metode demonstrasi pada kecerdasan interpersonal anak di Paud Al-Jannah. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui hubungan kecredasan interpersonal disaat proses kegiatan pembelajaran dengan memakai metode demonstrasi di Paud Al-Jannah. Penelitian yang di ambil memakai jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dan pendekatan deksriptif.
Dari hasil penelitian ini dari 26 anak, pada kriteria berkembang sesuai harapan ada 22 anak mendapat nilai rata-rata 65,2% dan 4 anak masuk pada kriteria mulai berkembang mendapat nilai rata-rata 42,5%. Berdasarkan data tersebut maka kesimpulanbahwa kecerdasan interpersonal di Paud Al-Jannah memiliki kriteria berkembang sangat baik mempunyai nilai rata-rata 84,7% untuk jumlah keseluruhan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Salis Khoiriyati, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Kecerdasan Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S1 PIAUD IKHAC |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 10:48 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 10:48 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/120 |
Actions (login required)
View Item |