Mu'amar, Achmad Hamdani (2021) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA DI MI ADDINIYAH JIYU. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (571kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (544kB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (218kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Mu'amar Achmad Hamdani.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Matematika adalah salah satu pelajaran yang sangat penting bagi kehidupan dan keilmuan di dunia ini. Bahkan di setiap jenjang pendidikan pasti ada mata pelajaran matematika. Sehingga tidak jarang banyak sekali macam masalah yang terjadi dalam proses pengajaran pada pelajaran matematika. Ada yang minat belajarnya kurang karena bosan, sulit, matematika pelajaran yang menakutkan, sampai banyaknya rumus-rumus dengan ditandai dengan rendahnya nilai hasil belajar peserta didik. Belum lagi gaya mengajar guru yang monoton dan penjelasan yang begitu abstrak untuk dicerna, diterima, serta sulit dipikirkan peserta didik dari apa yang dijelaskan oleh guru. Jika dilihat dari data PISA pada tahun 2018 dimana Indonesia menempati urutan ke 72 dari 79 negara dalam pelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah penjelasan yang abstrak dan sulit dipahami anak, dengan begitu sangat penting diberi pendekatan CTL atau kontektual yang menghubungkan materi serta contoh langsung ke dunia nyata di lingkungan sekitar peserta didik. Agar penjelasan materi mudah dipahami peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL terhadap Minat belajar peserta didik kelas V MI Addiniyah Jiyu pada mata pelajaran matematika materi pengolahan data. Jenis penelitian menggunakan one group control design dengan jumlah sampel sebanyak 18 peserta didik dari seluruh jumlah kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan soal.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan peneliti, dapat di ketahui bahwa terdapat pengaruh pendekatan CTL terhadap minat belajar peserta didik kelas V MI Addiniyah jiyu pada pelajaran matematika materi pengolahan data. Yaitu, pada pedoman pengambilan keputusan dalam uji pair sample t test angket dan soal berdasarkan nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 10:30 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 10:30 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1164 |
Actions (login required)
View Item |