IMPLEMENTASI METODE PAIKEM DALAMPEMBELAJARAN FIQIH MATERI SOLAT TAHAJUD PADA KELAS IV MI NAHDATUL ULAMA SUMBERGEMPOL

fanku, sandi (2020) IMPLEMENTASI METODE PAIKEM DALAMPEMBELAJARAN FIQIH MATERI SOLAT TAHAJUD PADA KELAS IV MI NAHDATUL ULAMA SUMBERGEMPOL. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (bab v kesimpulan)
Bab V.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (ful texs)
Skripsi_Fanku_Sandy _.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sandy, Fanku. 2021. Implementasi Metode PAIKEM Dalam pembelajaran Fiqih Materi Solat Tahajud Pada Murid Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama Sumber Gempol.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.
Pembimbing: Mokhammad Nizzam, M.Pd.

Kata Kunci: Metode PAIKEM, motivasi belajar, pelajaran Fiqih

Dalam mengajar, guru harus bisa menggunakan pendekatan secara aktif dan bijaksana. Pandangan guru terhadap murid akan menentukan sikap dan perbuatan. Sesetiap guru tidak selalu mempunyai pandangan yang sama dalam menilai murid. Hal tersebut akan mempengaruhi pendekatan ke murid, guru dituntut harus menciptakan interaksi pembelajaran yang aktif antara guru dengan murid, ataupun murid dengan murid. Salah satunya dapat menerapkan metode pembelajaran PAIKEM. Untuk itu perlu dilakukan penelitian analisis implementasi metode pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan(PAIKEM).
Sebagai sasaran kegiatan pembelajaran, murid tentu perlu menemukan daya tarik dalam muatan pelajaran. Pelajaran Fiqih yang identik dengan kaidah dalam peribadahan Islam cenderung kurang diminati dan diremehkan oleh para murid karena metode pembelajarannya yang kurang menarik, termasuk di level pendidikan dasar (SD/MI). Salah satu metode yang dapat mengatasi problem tersebut adalah metode PAIKEM.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap implementasi metode Paikem dalam pembelajaran Fiqih kelas 4 MI NU Sumbergempol.Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi metode PEMBELAJARAN PAIKEM,2) mendeskripsikan respon murid terhadap penerapan metode pembelajaran PAIKEM.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa: 1) implementasi metode pembelajaranPAIKEM pada mata pelajaran fiqih materi solat tahajud di MI NU Sumbergempol tahun ajaran 2021/2022 sudah diterapkan dengan baik. Dilaksanakan dengan berbagai cara, yaitu: diskusi, murid diberikan kesempatan menyampaikan pendapat, tugas kelompok, komunikasi yang interaktif antara guru dan murid ataupun murid dan murid, dan pemberian motivasi. 2) Respon murid adalah murid sangat antusias dalam belajar, murid menjadi aktif, kreatif, inovatif dalam proses pembelajaran, pembelajaran menjadi menyenangkan, terjalin komunikasi yang baik antara guru dan murid ataupun murid dengan murid, meningkatkan motivasi murid, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PAIKEM method, learning motivation, Fiqh lesson
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 01 Jul 2022 10:08
Last Modified: 01 Jul 2022 10:08
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item