Rizki, Rizki Nanda (2021) Implementasi Manajemen Kurikulum pada Program Unggulan Nonakademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo Mojokerto. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER - ABSTRAK.pdf - Published Version Download (467kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (714kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (854kB) |
|
Text (Thesis Full Text)
FULL-TESIS RIZKI-019.10.04.2572.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis implementasi manajemenkurikulum berdasarkan fungsi manajemen: perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum, pengawasan dan evaluasi kurikulum, dan pengembangan kurikulum pada program unggulan non-akademik di SMPTI Al-Hidayah Kutorejo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sedangkan untuk validasi data, peneliti menggunakan kredibilitas standar kebenaran data dan teknik trianggulasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan sebagai berikut: 1) Perencanaan kurikulum pada kelas program unggulan disusun dengan melibatkan tim pengembang kurikulum yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, koordinator program unggulan, dan guru. Langkah yang dilakukan adalah dengan menganalisis konteks dan kebutuhan serta mengidentifikasi standar nasional pendidikan; 2) Pengorganisasian kurikulum pada kelas program unggulan dengancara kepala sekolah memberdayakan waka kurikulumdan koordinator program unggulan untuk melakukan penjadwalan danpembagian tugas; 3) Pelaksanaan kurikulum pada kelas program unggulan dilakukan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan terhadap pelaksanaan kurikulum pada kelas program unggulan; 4) Pengawasan dan evaluasi kurikulum pada kelas program unggulan dilakukan oleh kepala sekolahdibantu oleh waka kurikulum dan koordinator program unggulan. Evaluasi dilakukandengan cara memeriksa dokumen kurikulum, wawancara, dan supervisi kelas yang dilakukan secara bertahap dalam per trimester, per semester dan di akhir tahun; 5) Pengembangan kurikulum dilaksana oleh tim pengembang kurikulum dengan mempertimbangkan hasil evaluasi sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan pengembangan kurikulum.
Temuan teoritis dari penelitian ini bahwa implementasi manajemen kurikulum yang relevan dengan standar nasional pendidikan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang program unggulan dan pengajarannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Manajemen Kurikulum, Program Unggulan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 07:52 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 07:52 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/955 |
Actions (login required)
View Item |