PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA PACET MOJOKERTO

SARIPAH, SARIPAH (2021) PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (BAB 1)
2, bab 1.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
3. bab akhir.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
5. SKRIPSI full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA Purwanida Pacet Mojokerto. Latar belakang penelitian ini adalah (1) karena adanya keunikan pada anak-anak yang memiliki kreativitas tinggi di RA Purwanida, (2) pemberian pembelajaran disekolah menghabiskan waktu yang sedikit dibandingkan dirumah masing-masing anak. (3) pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dan dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada salah satu keluarga dari peserta didik kelas B RA perwanida yang memiliki kreativitas tinggi. Penentuan subjek penelitian diambil berdasarkan peserta didik yang memiliki kreativitas paling tinggi dilihat dari nilai raport dan kegiatan-kegiatan anak. Teknik analisis data melalui 3 tahapan, yaitu: reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa (1) Pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA Purwanida Pacet Mojokerto telah keluarga berikan dengan memberikan pendidikan yang baik, memberikan bimbingan untuk anak, mendorong dan memotivasi kegiatan anak, memfasilitasi kebutuhan anak, menjadi panuta yang baik, dan pola asuh yang orang tua terapkan dalam keluarga. (2) Dukungan yang keluarga berikan dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini adalah dengan memberikan waktu yang cukup, memberikan kesempatan pada anak, mendorong anak untuk kreatif, memberikan sarana dalam menunjang kegiatan anak, menciptakan lingkungan yang merangsang, menciptakan hubungan orang tua dan anak yang tidak posesif, dan penggunaan pola asuh demokratis dan permisif. (3) Implikasi pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini ialah anak lebih percaya diri, anak aktif mengikuti kegiatan, anak dapat mengkreasikan benda-benda yang ada di sekitarnya, anak mampu mewujudkan aktualisasi diirinya, anak berani menyampaikan pendapat, anak memiliki minat yang luas terhadap sesuatu, anak mandiri dalam bertindak, dan anak berani dalam bertindak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. Juli Amaliayah Nasucha, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga, Kreativitas AUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: S1 PIAUD IKHAC
Date Deposited: 18 Sep 2021 05:11
Last Modified: 18 Sep 2021 05:11
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/935

Actions (login required)

View Item View Item