Sinergitas Kinerja Guru Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling dalam Penanganan Kenakalan Siswa

Abdul, Hamid Ramdani (2021) Sinergitas Kinerja Guru Akidah Akhlak dan Guru Bimbingan Konseling dalam Penanganan Kenakalan Siswa. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (801kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kenakalan siswa merupakan perbuatan atau perilaku menyimpang yang dilaksanakan siswa dalam melanggar peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Sehingga dapat mengganggu perkembangan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Di sekolah tentunya banyak sekali ditemukan siswa yang bermasalah, entah itu dari kategori ringan maupun berat. Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan, yang ikut serta mengupayakan agar tidak terjadi hal-hal yang demikian. Dalam mengupayakan hal tersebut tentunya harus ada sinergitas kinerja antara guru dalam penanganan kenakalan siswa.
Maka dalam upaya menangani kenakalan siswa, perlu adanya sinergitas kinerja antara guru. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti memberikan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa saja bentuk-bentuk kenakalan siswa yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah? 2) Bagaimana kerjasama yang telah dicapai guru akidah akhlak juga guru bimbingan konseling dalam penanganan kenakalan siswa?
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah yaitu : telat masuk sekolah, berpenampilan tidak rapi, membawa barang yang bukan rekomendasi melakukan keributan ketika pembelajaran berlangsung, membolos sekolah, merokok, pacaran, serta tidak sopan dengan guru. 2) Sedangkan sinergitas yang dilaksanakan oleh keduanya untuk menangani peserta didik yang melakukan kenakalan yaitu melalui pembelajaran dan pembiasaan, pembinaan, pondok ramadhan, mendatangkan pemateri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sinergitas Kinerja, Guru, Kenakalan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 18 Sep 2021 05:09
Last Modified: 18 Sep 2021 05:09
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item