IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH WALISONGO 3 BANYUANYAR

Naji, Sholeh (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MADRASAH TSANAWIYAH WALISONGO 3 BANYUANYAR. Masters thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (305kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
3. Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (TESIS FULL)
5. Tesis gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter religius adalah memberikan penanaman dalam
berperilaku yang lebih religius dengan memberikan contoh-contoh dengan
berbagai macam cara demi mewudjudkan tujuan pendidikan Islam yang rahmatan
lil’alamin, sehingga para murid dapat menjalakan kereligiusannya dilingkungan
mereka berada.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisiskperencanaan, 2)
Implementasi, dan 3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter
religius di Madrasah Tsanawiyah Walisongo 3 Banyuanyar. Adapun penelitian ini
menggunakan pendekatan studi kasus dan jenis penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu, 1) Perencanaan pendidikan karakter religius di
Madrasah Tsanawiyah Walisongo 3 Banyuanyar dilakukan melalui beberapa hal,
yaitu, a) Menetapkan standar karakter siswa, b) Mengembangkan karakter religius
sekolah, dan c) Menyediakan fasilitas pendukung yang memadai, 2) Pelaksanaan
pendidikan karakter religius di Madrasah Tsanawiyah Walisongo 3 Banyuanyar
dilakukan dengan, a) Pendekatan pembiasaan dan keteladanan melalui kegiatan
harian, b) Kegiatan mingguan, c) Kegiatan bulanan dan d) Kegiatan tahunan, dan
3) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter religius diantaranya: a)
Masjid, b) Perpustakaan, c) Pengeras suara, d) Budaya bersalaman, e) Tersedianya
al-Qur’an, dan f) Alat peraga lain, serta g) Adanya evaluasi ditempat. Sementara
faktor penghambat disini meliputi: a) Masjid milik masyarakat, b) Aktifitas siswa
di luar sekolah bukan tanggung jawab guru, dan c) Adanya pengaruh teman
diluar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Implementasi Pendidikan Karakter Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:33
Last Modified: 13 Sep 2021 04:33
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item