PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA PESERTA DIDIK KELAS V MI MIFTAHUL ULUM

Masyona, Masyona (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA PESERTA DIDIK KELAS V MI MIFTAHUL ULUM. Diploma thesis, Institut Pesantren KH Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (pendahuluan)
BAB I REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (kesimpulan)
BAB V REPOSITOR.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (tugas akhir lengkap)
LENGKAP REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib diajarkan pada tingkat dasar hingga menengah. Kenyataannya pelajaran matematika masih dianggap momok atau sulit. Hal ini dibuktikan dari hasil PISA (Programme International Student Assessment) tahun 2018 yang mana Indonesia berada diposisi ke-72 dari 79 negara partisipan. Salah satu penyebabnya yaitu pembelajaran masih monoton. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) merupakan model di mana siswa saling kerja sama dan lebih aktif dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar matematika materi pengolahan data peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif one group preteset posttest design. Dengan sampel penelitian kelas V yang berjumlah 12 siswa kemudian diberikan perlakuan.
Hasil analisis data uji wilcoxon menunjukkan dengan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) bernilai 0,003 untuk nilai pilihan ganda dan 0,002 untuk nilai esai lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “hipotesis alternatif diterima”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap hasil belajar matematika materi pengolahan data peserta didik kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division), Hasil Belajar, Penelitian Kuantitatif.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:59
Last Modified: 10 Sep 2021 07:59
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item